EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILAEN T.P 2015/2016

Sihombing, Joan Christian and Simanjuntak, Mariati Purnama (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILAEN T.P 2015/2016. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 5 (4). pp. 38-45. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (894kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model 5E berbasis inkuiri dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensioal. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes scientific inquiry berbentuk uraian dengan jumlah 7 soal yang sudah divalidasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur peningkatan scientific inquiry siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan scientific inquiry siswa di kelas eksperimen berada pada kategori sedang, sedangkan peningkatan scientific inquiry siswa di kelas kontrol berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model 5E berbasis inkuiri sehingga efektif dalam meningkatkan scientific inquiry siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P. 2015/2016.

Item Type: Article
Keywords: model 5E berbasis inkuiri, scientific inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:13
Last Modified: 27 Dec 2021 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43214

Actions (login required)

View Item
View Item