Sihombing, Joan Christian and Simanjuntak, Mariati Purnama (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILAEN T.P 2015/2016. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 5 (4). pp. 38-45. ISSN 2337-4624
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (894kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model 5E berbasis inkuiri dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensioal. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes scientific inquiry berbentuk uraian dengan jumlah 7 soal yang sudah divalidasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur peningkatan scientific inquiry siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan scientific inquiry siswa di kelas eksperimen berada pada kategori sedang, sedangkan peningkatan scientific inquiry siswa di kelas kontrol berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model 5E berbasis inkuiri sehingga efektif dalam meningkatkan scientific inquiry siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P. 2015/2016.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | model 5E berbasis inkuiri, scientific inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 08:13 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43214 |