Desain Bahan Ajar Tari Simalungun Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Untuk Siswa/I Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA)

Dalimunthe, Wahyu Ramadani (2020) Desain Bahan Ajar Tari Simalungun Berbasis High Order Thinking Skills (Hots) Untuk Siswa/I Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2163141025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2163141025 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2163141025 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2163141025 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2163141025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2163141025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2163141025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2163141025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2163141025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2163141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2163141025 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2163141025 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2163141025 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2163141025 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2163141025 LIST OF IMAGES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2163141025 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2163141025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2163141025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2163141025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2163141025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2163141025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2163141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Bahan Ajar Tari Simalungun berbasis HOTS merupakan bahan ajar yang disusun
berdasarkan dari kebutuhan perangkat pembelajaran yang belum tercukupi dan
dikebangkan dengan menyesuaikan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
untuk siswa kelas X SMA pada kompetensi dasar 3.1 memahami konsep, teknik, dan
prosedur tari tradisional daerah setempat. Produk buku ajar tari Simalungun ini dirancang
untuk ketercapaian hasil belajar berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Penyusunan bahan ajar tari Simalungun menggunakan teori pengembangan Research and
Development (R&D) Sugiyono (2011:408) diketahui bahwa ada 10 tahapan, namun dalam
penyusunan bahan ajar ini hanya menggunakan 8 tahapan. Adapun 8 tahapan tersebut
adalah (1)Potensi dan masalah, (2)Mengumpulkan informasi, (3)Desain produk,
(4)Validasi desain, (5)Perbaikan desain, (6)Uji coba produk, (7)Revisi produk, dan (8)Uji
coba pemakaian. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori HOTS (Yuniar,dkk
:2015). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data
berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dalam analisis data
digunakan deskriptif kuantitatif untuk melihat validasi ahli media, ahli materi, dan uji
coba secara kelompok kecil. Dengan menjadikan tari Simalungun (Tortor Sombah)
sebagai sampel dalam penelitian ini, dan beberapa narasumber serta model sebagai peraga
dalam tari ini. Hasil Penelitian ini berupa buku ajar yang berisi tentang gambaran
kehidupan masyarakat Simalungun, sejarah, jenis-jenis dan fungsi tari Simalungun, dan
pemahaman konsep, teknik, prosedur Tortor Sombah Simalungun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Desain Bahan Ajar; Tari Simalungun; High Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:48
Last Modified: 13 Jul 2021 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42947

Actions (login required)

View Item
View Item