MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2019/2020

RIZKY, ATIKA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1163111005_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1163111005_COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1163111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1163111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1163111005_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1163111005_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1163111005_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1163111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1163111005_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1163111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1163111005_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1163111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1163111005_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1163111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1163111005_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1163111005_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1163111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1163111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1163111005_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1163111005_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1163111005_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1163111005_BAB V.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1163111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1163111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model model pemecahan masalah (Problem Solving) pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1 dan 1 T.A 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Solving pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur dengan menggunakan model Problem Solving. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 1 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa baik itu afektif, kognitif dan psikomotor dari siklus I sampai siklus II. Adapun pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,5 dengan ketuntasan siswa sebanyak 11 siswa dan presentase 52,3% sedangkan pada siklus II ini merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan nilai
rata-rata siswa sebesar 80,6 dengan ketuntasan siswa sebanyak 20 orang dan presentase sebesar 95,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1 dan 2 di kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Jul 2021 06:46
Last Modified: 07 Jul 2021 06:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42942

Actions (login required)

View Item
View Item