PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BUSANA WANITA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rajagukguk, Tiurma Nulus Asina (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BUSANA WANITA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116121036 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116121036 Judul.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116121036 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116121036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116121036 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116121036 Abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116121036 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116121036 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116121036 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116121036 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116121036 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116121036 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116121036 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116121036 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116121036 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116121036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116121036 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116121036 Bab I.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116121036 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116121036 Bab V.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116121036 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116121036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi antara kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membuat busana wanita antara kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar membuat busana wanitaPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana SMKN 3 Pematangsiantar. Teknik sampel yang terpilih untuk menjadi kelas dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah kelas XI Tata Busana 1 dengan jumlah 32 orang siswa, sedangkan kelas XI Tata Busana 3 sebagai kelas dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Uji coba tes hasil belajar membuat busana wanita meliputi validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan pengecoh. Uji coba angket minat belajar meliputi validitas dan reliabilitas. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk menjaring data hasil belajar dan angket untuk menjaring minat belajar siswa. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikan yang dilanjutkan dengan uji lanjut ScheffeHasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar membuat busana wanita siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar membuat busana wanita siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan Fhitung = 11,41 > Ftabel = 4,00; (2) hasil belajar membuat busana wanita siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar membuat busana wanita siswa yang memiliki minat belajar rendah, dengan Fhitung = 40,17 > Ftabel = 3,98; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 31,91 > Ftabel = 4,00. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tepat digunakan daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar membuat busana wanita siswa, dan siswa yang memiliki minat belajar tinggi akan memperoleh hasil belajar membuat busana wanita yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada tenaga pengajar agar memperhatikan karakteristik siswa dalam menerapkan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.234 Raj p
Keywords: Busana wanita; Minat belajar; Pembelajaran kooperattif; Strategi pembelajaran; Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 May 2016 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item
View Item