UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Megawati, Elfrida (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 081188830010 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 081188830010 Judul.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. 081188830010 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 081188830010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of 3. 081188830010 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 081188830010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. 081188830010 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 081188830010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. 081188830010 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 081188830010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6. 081188830010 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 081188830010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 7. 081188830010 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 081188830010 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. 081188830010 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 081188830010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. 081188830010 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 081188830010 Bab I.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of 10. 081188830010 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 081188830010 Bab V.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 11. 081188830010 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 081188830010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil pembelajaran matematika dalam aspek pemecahan masalah, komunikasi matematik dan aktivitas siswa dalam belajar matematika yang rendah, respon terhadap kegiatan pembelajaran matematika masih rendah serta pembelajaran yang diterapkan selama ini belum tepat. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Salah satu upaya adalah menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pembelajaran berbasis masalah (2) Bagaimana peningkatan komunikasi matematik siswa setelah pembelajaran berbasis masalah, (3) Aktivitas aktif siswa pada pembelajaran berbasis masalah (4) Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik melalui pembelajaran berbasis masalah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah matematik, tes kemampuan komunikasi matematik, lembar aktivitas siswa, lembar observasi siswa, dan respon siswa. Reliabilitas hasil uji coba, reabilitas tes kemampuan pemecahan masalah siklus 1 dan 2 adalah 0,82 dan reliabilitas kemampuan komunikasi matematik adalah 0.80. Hasil analisis data rata-rata skor penguasaan materi prasyarat untuk pemecahan masalah matematik adalah 44,64 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematik 50,30. Hasil analisis data pada siklus satu adalah: (1) rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematik siswa adalah 66,18 (2) rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 70, (3) siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematik sebanyak 18 orang (54,54 %) dan yang memiliki kemampuan komunikasi matematik sebanyak 20 orang (60,60 %). Hasil analisis data pada siklus kedua adalah: (1) rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematik siswa adalah 72,63 dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik adalah 72,65, (2) siswa yang telah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematik sebanyak 27 siswa (81,82 %) dan siswa yang telah mampu berkomunikasi matematik sebanyak 27 siswa (81,82 %), (3) Aktivitas aktif siswa telah memenuhi waktu persentase ideal yang ditetapkan dalam bab III (4) respon siswa terhadap pembelajaran adalah baik, Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung baik dengan meninjau pada hasil observasi kegiatan siswa . Berdasarkan kesimpulan ini maka diharapkan temuan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Meg u
Keywords: Komunikasi matematik; Model pembelajaran; Pemecahan masalah; Respon; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 May 2016 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item
View Item