Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk

Sijabat, Feborn Lawrensius (2020) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5151111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5151111021 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5151111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5151111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5151111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5151111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5151111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5151111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5151111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5151111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5151111021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5151111021 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5151111021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5151111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5151111021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5151111021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5151111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5151111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5151111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5151111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.5151111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM.5151111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam terdiri dari 34 siswa dimana 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan materi praktek pasangan sudut siku-siku dua tembok dengan tebal 1 bata hubungan silang pada sikus I dan materi praktek pasangan pertemuan siku-siku dua tembok dengan tebal 1 bata hubungan silang pada siklus II. Pada penelitian ini menggunakan jobsheet sebagai instrument yang mengukur hasil belajar psikomotorik.
Analisa data menunjukkan hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,63 dengan persentase kelulusan 73,53% (Ketuntasan Klasikal) dan guru memperoleh nilai 80 dalam mengajar dengan model pembelajaran langsung. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,23 dengan persentase kelulusan 88,24% (Ketuntasan Klasikal) dan guru memperoleh nilai 92,85. Dari analisa data siklus I dan Siklus II menunjukkan hasil belajar siswa dan perolehan nilai guru pada saat mengajar meningkat. Dimana persentase kelulusan siswa meningkat sebesar 14,71% dan penilaian guru meningkat sebesar 12,22. Dari analisa data yang dipaparkan disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada keterampilan memasang batu bata siswa kelas X Desain Pemodelan Infomasi Bangunan A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Langsung (Direct instruction), Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:53
Last Modified: 28 Jun 2021 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42742

Actions (login required)

View Item
View Item