Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa Di Era 4.0 Pada Sekolah (Studi SMA Negeri 1 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2019/2020)

Situmorang, Melati Susiana Veronika (2020) Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa Di Era 4.0 Pada Sekolah (Studi SMA Negeri 1 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM. 3163311021 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3163311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 . NIM 3163311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3163311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3163311021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3163311021 LIST OF CHART.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3163311021 ACKNOWEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3163311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3163311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3163311021 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam meningkatkan jiwa nasionalisme siswa di era 4.0 pada sekolah SMA Negeri 1 Doloksanggul, yang berlokasi di Jalan Bonan Dolok Km 2,5 Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan fakta-fakta yang ada berdasarkan penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Angket yang disajikan sebanyak 20 poin pertanyaan yang memuat tentang peran guru dalam meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 360 orang siswa dan penulis mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yang ada yaitu 54 orang siswa/siswi yang diambil secara acak sederhana (random sampling). Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistika sederhana (persentase). Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis data diperoleh bahwa 54 responden (53%) menunjukkan bahwa guru PPKn sangat berperan dalam meningkatkan jiwa Nasionalisme siswa kelas X di SMA Negeri 1 Doloksanggul. Sehingga peran yang dilakukan guru PPKn sebagai pengajar, pembimbing, partisipan, motivator, dan penanya dalam meningkatkan jiwa nasionalisme siswa di era 4.0 pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Doloksanggul melalui peningkatan rasa cinta terhadap tanah air, religius, kebersamaan, menghargai jasa pahlawan serta sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila dan budaya bangsa sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Rosnahnidn0010055603
Call Number: 2020-PKN-024
Keywords: Peran Guru PPKn; Jiwa Nasionalisme; Era 4.0; siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42593

Actions (login required)

View Item View Item