PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suciawati, Hasni (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116121008 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116121008 Judul.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116121008 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116121008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116121008 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116121008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116121008 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116121008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116121008 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116121008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116121008 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116121008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116121008 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116121008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116121008 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116121008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116121008 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116121008 Bab I.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116121008 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116121008 Bab V.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116121008 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116121008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar menulis karangan narasi siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Quantum Writing lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Image Streaming. (2) mengetahui hasil belajar menulis karangan narasi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran berdasarkan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar menulis karangan narasi .Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Swasta AL-ULUM Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 156 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 68 sampel yang terdiri dari 34 sampel kelas X-3 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Writing sebagai kelas eksperimen dan 34 sampel di kelas X-5 yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Image Streaming sebagai kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir kreatif dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tingkat berpikir tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar menulis karangan narasi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Writing lebih baik dari pada hasil belajar menulis karangan narasi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Image Streaming, dengan Fhitung = 11,41 > Ftabel = 3,98; (2) hasil belajar menulis karangan narasi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dari pada hasil belajar menlis karangan narasi siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif rendah, dengan Fhitung = 18,10 > Ftabel = 3,98; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mempengaruhi hasil belajar menulis karangan narasi siswa, dengan Fhitung = 10,43 > Ftabel = 3,98. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Quantum Writing lebih tepat dari pada strategi pembelajaran Image Streaming dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa, dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi akan memperoleh hasil belajar menulis karangan narasi bahasa indonesia yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 499.221 Suc p
Keywords: Strategi pembelajaran; Quantum writing; Image streaming; Berpikir kreatif; Menulis; Narasi; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 May 2016 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item
View Item