Harahap, Kholilah Amriani (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Samudera. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172033 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8166172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (811kB) | Preview
3. NIM 8166172033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8166172033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 8166172033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 8166172033 TABLES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 8166172033 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 8166172033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166172033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 8166172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); 2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); 3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); 4) Menganalisis peningkatan kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran melalui problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) yang dikembangkan di kelas XI-MIPA 1 dan XI-MIPA 2. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran melalui problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 75,00% dan meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II;
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Har p |
Keywords: | perangkat pembelajaran; model pengembangan Dick & Carry; problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 00:25 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 00:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42379 |