Pengembangan Bahan Ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan Pengintegrasian Pendidikan Karakter Menggunakan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VI SD Negeri Percobaan Kota Medan

Purba, Siti Kartiani (2020) Pengembangan Bahan Ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan Pengintegrasian Pendidikan Karakter Menggunakan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VI SD Negeri Percobaan Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156181029 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156181029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156181029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156181029 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156181029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156181029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156181029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156181029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156181029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156181029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156181029 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari bahan ajar dan pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Selalin itu juga bahan ajar yang digunakan oleh guru kurang membawa dampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar Bhinneka tunggal Ika dengan pengintegrasian pendidikan karakter yang efektif pada siswa kelas VI SD pada mata pelajaran PKn; (2) Penerapan bahan ajar ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan pengintegrasian pendidikan karakter yang dibuat dapat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual siswa kelas VI SD pada mata pelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Percobaan Kota Medan dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah modul yang dikembangkan Kelas VIa dan VIb masing-masing 36 orang siswa SD Negeri Percobaan Kota Medan. Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket karakter siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keefektivan produk pengembangan perangkat dalam penerapan model pengembangan bahan ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan pengintergrasian pendidikan karakter menggunakan pembelajaran kontekstual; Hasil belajar siswa setelah pengembangan bahan ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan pengintergrasian pendidikan karakter menggunakan pembelajaran kontekstual dapat dilihat dari hasil kerja siswa dalam menyelesaikan tes yang diberikan dapat diketahui hasil analisis ketuntasan secara klasikal sudah mencapai 94,44%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin- angin, Reh Bunganidn0015108002
Thesis advisorYus, Anitanidn0021075903
Call Number: 370.114 Pur p
Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Karakter; Hasil Belajar; Pengelolaan Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jun 2021 20:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42361

Actions (login required)

View Item View Item