Matondang, Siska Maria (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Instalasi Motor Listrik Berbasis Proyek di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover Tesis.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. Lembar pengesahan + persetujuan + plagiat.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
3. Abstrak B. Indo + B. Inggris.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. Bab I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif Instalasi Motor Listrik berbasis proyek untuk peserta didik sekolah menengah kejuruan program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik sesuai kurikulum 2013. Produk ini dikembangkan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall dimana masing-masing tahapannya saling berhubungan. menghasilkan produk pengembangan dan mengadaptasi model Multimedia Development Life Cycle Luther (Concept-Design-Material Collecting-Assembly-Testing-Distribution) untuk pengembangan produknya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ahli desain materi, ahli desain
media, ahli desain pembelajaran, dan peserta didik. Hipotesis yang diajukan dari penelitian ini adalah bahwa produk multimedia interaktif ini layak dan efektif
untuk digunakan dalam proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi ahli dan respon peserta didik serta posttest sebagai instrumen hasil belajar. Kelayakan produk multimedia diperoleh melalui pengujian dan validasi dimana rata-rata persentase hasil penilaian ahli materi, media dan desain pembelajaran adalah sebesar 86,32%,
sedangkan rata-rata persentase hasil peserta didik pada uji coba perorangan dan kelompok adalah sebesar 83,91% yang termasuk dalam kriteria penilaian “sangat baik”. Hasil uji efektivitas produk dilakukan menggunakan data uji hasil belajar pada uji hipotesis penemultimedia pembelajaran interaktif, pembelajaran berbasis proyek,
instalasi motor listrikitian melalui uji-t satu pihak kanan pada taraf siginifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan df = 62, sehingga diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,85 > 1,67, yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang belajar
menggunakan multimedia interaktif untuk pelajaran Instalasi Motor Listrik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan metode pembelajaran klasikal. Demikian penggunaan produk multimedia interaktif Instalasi Motor Listrik berbasis proyek layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Mat p |
Keywords: | multimedia pembelajaran interaktif; pembelajaran berbasis proyek; instalasi motor listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:29 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42301 |