Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SD Swasta PAB 10 Sampali

Rambe, Nurhamimah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SD Swasta PAB 10 Sampali. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156182068 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156182068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156182068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156182068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156182068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156182068 TABLES LIST.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156182068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156182068 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156182068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156182068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156182068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa; 2) pengaruh kemampuan awal matematis terhadap kemampuan representasi matematsi dan motivasi belajar siswa; dan 3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD Swasta PAB 10 Sampali dengan sampel sebanyak 2 kelas dan tiap kelas berjumlah 35 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 2. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan awal matematis (tes pilihan ganda) dan kemampuan respresentasi matematis siswa (tes uraian) serta instrumen angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik ANACOVA (Analysis of Covariances) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan representasi matematis siswa, dimana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh lebih baik/tinggi terhadap kemampuan representasi matematis siswa dibandingkan model pembelajaran ekspositori; 2) Ada pengaruh kemampuan awal matematis terhadap kemampuan representasi matematis siswa, dimana kemampuan awal matematis tinggi memberikan pengaruh lebih baik/tinggi terhadap kemampuan representasi matematis siswa dibandingkan kemampuan awal matematis rendah; 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa; 4) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa, dimana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh lebih baik/tinggi terhadap motivasi belajar matematika siswa dibandingkan model pembelajaran ekspositori; 5) Ada pengaruh kemampuan awal matematis siswa terhadap motivasi belajar matematika siswa, dimana kemampuan awal matematis tinggi yang dimiliki siswa memberikan pengaruh lebih baik/tinggi terhadap motivasi belajar matematika siswa dibandingkan kemampuan awal matematis rendah; dan 6) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edinidn0021015706
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvisnidn0025126308
Call Number: 372.7 Ram p
Keywords: Jigsaw; Ekspositori; Kemampuan Awal Matematis; Kemampuan Representasi Matematis; Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 May 2021 20:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42287

Actions (login required)

View Item View Item