PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMATANGAN KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Khairani, (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMATANGAN KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116121011 Judul.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116121011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116121011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116121011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116121011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116121011 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116121011 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116121011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116121011 Bab I.pdf - Published Version

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116121011 Bab V.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116121011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Murder, (2) mengetahui hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang memiliki kematangan kognitif tinggi lebih tinggi dibandingkan yang memiliki kematangan kognitif rendah, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran berdasarkan kematangan kognitif terhadap hasil belajar pendidikan agama islam.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Swasta Al Uluum Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 218 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 76 sampel yang terdiri dari 38 sampel kelas X-4 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan kelas X-5 yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Murder. Angket kematangan kognitif dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tingkat kematangan kognitif tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji coba instrumen dilakukan sebelum uji statistik. Uji coba instrumen hasil belajar yaitu validitas menggunakan point biserial, reliabilitas menggunakan KR-20, daya pembeda, taraf kesukaran dan pengecoh. Instrumen kematangan kognitif yaitu validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabiltas menggunakan alpha. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dari pada hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Murder, dengan Fhitung = 10,04 > Ftabel = 3,98; (2) hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang memiliki kematangan kognitif tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang memiliki kematangan kognitif rendah, dengan Fhitung = 40,17 > Ftabel = 3,98; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kematangan kognitif siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 14,19 > Ftabel = 3,98. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Quantum Teaching lebih tepat digunakan daripada strategi pembelajaran Murder dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa, dan siswa yang memiliki kematangan kognitif tinggi akan memperoleh hasil belajar pendidikan agama islam yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kematangan kognitif rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 371.39 Kha p
Keywords: Quantum teaching; Strategi Murder; Kematanagn kognitif; Strategi pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc.
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item