PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRODUKTIF KIMIA BERBASIS KOMPUTER PADA KOMPETENSI TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM SMK

Darwis, (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRODUKTIF KIMIA BERBASIS KOMPUTER PADA KOMPETENSI TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM SMK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116121025 Judul.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116121025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116121025 Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116121025 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116121025 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116121025 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116121025 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116121025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116121025 Bab I.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116121025 Bab V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116121025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran produtif kimia berbasis komputer pada kompetensi melakukan teknik dasar pekerjaan laboratorium kimia untuk kelas X SMK yang layak digunakan, mudah dipelajari, (2) mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap media pembelajaran produktif kimia berbasis komputer yang telah dihasilkan, dan (3) mengetahui efektivitas produk media pembelajaran terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga orang siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan tiga puluh dua siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada kualifikasi sangat baik dari uji ahli materi pelajaran produktif kimia, dari uji ahli desain pembelajaran, dari uji coba perorangan, dari uji coba kelompok kecil, dan dari uji coba lapangan, sedangkan dari uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan penilaian ini, produk media pembelajaran untuk mata pelajaran produktif kimia memiliki hasil sudah layak menjadi produk akhir yang dapat disebarluaskan dan di implementasikan kepada para pengguna. Produk akhir dari dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji efektifitas produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Program kimia industri semester ganjil tahun ajaran 2013 – 2014 di SMK Negeri 3 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 61 siswa yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran dan 31 siswa sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran dengan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 5,331 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk 59 diperoleh ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran sebesar 77,00% sedangkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks sebesar 63,65%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorMursid, R.196607111991031003
Call Number: 540.071 9 Dar p
Keywords: Media pembelajaran; Produktif kimia; Laboratorium kimia; Strategi pembelajran; Komputer; Teknik dasar pekerjaan
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item