Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Inovatif Berbasis Multimedia SMA Kelas XI Semester II Terintegrasi Pendidikan Karakter Sesuai Kurikulum 2013

Panjaitan, Herry Purwanto (2020) Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Inovatif Berbasis Multimedia SMA Kelas XI Semester II Terintegrasi Pendidikan Karakter Sesuai Kurikulum 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156141006 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156141006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156141006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156141006 BAB I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156141006 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian, kelayakan, dan integrasi karakter dan psikomotorik pada buku penuntun praktikum kimia SMA kelas XI yang digunakan di sekolah dengan kriteria BSNP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari model Borg & Gall. Pada penelitian ini ada 5 tahapan yang dilakukan; Tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap revisi dan Uji coba produk. Uji coba penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Satrya Budi Perdagangan, Kabupaten Simalungun. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket BSNP, lembar intrumen tes, lembar observasi penilaian karakter, dan lembar observasi penilaian psikomotorik. Hasil penelitian; (1) Penuntun praktikum kimia kelas XI SMA yang beredar penerbit A, B, dan C termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dengan rata-rata 4,61 (2) Penuntun praktikum kimia inovatif berbasis multimedia SMA kelas XI Semester II terintegrasi pendidikan karakter sesuai kurikulum 2013 termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dengan rata-rata (3) Penuntun praktikum yang dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik, hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan nilai sikap peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan penuntun praktikum kimia inovatif berbasis multimedia SMA kelas XI Semester II terintegrasi pendidikan karakter sesuai kurikulum 2013 (4) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan penuntun praktikum kimia inovatif berbasis multimedia SMA kelas XI Semester II terintegrasi pendidikan karakter sesuai kurikulum 2013 dengan peserta didik yang menggunakan penuntun praktikum kimia pegangan peserta didik dengan sig. < α (0,000 < 0,05) (5) Terdapat perbedaan nilai sikap (karakter) dan psikomotorik (keterampilan) peserta didik yang menggunakan penuntun praktikum kimia inovatif berbasis multimedia SMA kelas XI Semester II terintegrasi pendidikan karakter sesuai kurikulum 2013 dengan peserta didik yang menggunakan penuntun praktikum kimia pegangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Ramlannidn0018066008
Thesis advisorJahro, Iis Sitinidn0015106507
Call Number: 540.72 Pan p
Keywords: Pengembangan Penuntun Praktikum; Praktikum Kimia Inovatif; Pendidikan Karakter; Kurikulum 2013; dan Model Borg & Gall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 May 2021 20:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42139

Actions (login required)

View Item View Item