MENDESAIN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Sinurat, Tingkos MENDESAIN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR. -.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Pengembangan kreativitas tidak harus merupakan satu mata pelajaran yang berdiri sendiri, tetapi dapat memanfaatkan setiap mata pelajaran yang ada. Materi pelajaran apapun dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kreativitas anak didik. Dengan demikian, pelajaran Bahasa Indonesia dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak didik. Pengajuan pertanyaan, latihan-latihan, dan tugas-tugas yang merangsang berpikir divergen salah satu cara untuk mengembangkan proses berpikir kreatif. Buku pelajaran merupakan dasar untuk bernegosiasi karena buku pelajaran merupakan bentuk pra paket dan memenuhi kebutuhan baik did lam kelas maupun di luar kelas. Pada prinsipnya, buku teks menyediakan struktur untuk manajemen pelajaran sebagai suatu interaksi sosial dan dasar untuk untuk negosiasi di antara semua pihak yang berkepentingan. Sehubungan dengan hal ini, lebih jauh dikemukakannya bahwa buku pelajaran memiliki potensi menjadi agen perubahan yang efektif. Teknik pengembangan kreativitas di dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan berupa aktivitas pemanasan, pertanyaan terbuka, sumbang saran, daftar periksa ide, daftar ciri-ciri teknik papan main dam, membuat hubungan, mengobservasi dan menguasai hasil observasi.

Item Type: Article
Keywords: Buku pelajaran; Kreativitas; Desain
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Aug 2016 05:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item