Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dan Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh

Rahmatunnisa, Rahma (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dan Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156182076 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156182076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156182076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156182076 ACKNOWL EDGEMENT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156182076 TABL E OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156182076 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156182076 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156182076 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156182076 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156182076 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156182076 REFFERENCE.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru yaitu pembelajaran didominasi oleh guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru mengakibatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara anak yang diberi model pembelajaran Make a Match berbasis kreativitas dengan anak yang diberi model pembelajaran Make a Match Anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh; (2) Perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara anak yang memiliki kemampuan kognitif tinggi dengan anak yang memiliki kemampuan kognitif rendah Anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Ace; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran Make a Match dengan kemampuan kognitif anak terhadap kemampuan mengenal konsep anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah anak kelas B1, B2, B3, di Raudhatul Athfal Mutiara Bunda Banda Aceh dan sampel penelitian ini adalah kelas B1 sebanyak 28 anak untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Make a Match berbasis kreativitas dan kelas kontrol kelas B2 sebanyak 28 anak yang diajarkan dengan Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang mendapatkan pembelajaran Make A Match berbasis kreativitas sebesar 44,96 lebih besar dari pada anak yang mendapatkan pembelajaran Make A Match sebesar 34,64; (2) Dapat diketahui bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak diajar dengan menggunakan kemampuan kognitif tinggi memperoleh nilai rata – rata = 46,89, sedangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang menggunakan kemampuan kognitif rendah memperoleh nilai rata – rata = 33,21; dan (3) Kemampuan mengenal konsep bilangan anak yang diajar dengan pembelajaran Make A Match berbasis kreativitas yakni kelompok kemampuan kognitif tinggi (52.38), dan kelompok kemampuan kognitif rendah (38.53), lebih besar jika dibandingkan dengan anak yang diajar dengan pembelajaran Make A Match yaitu kelompok kemampuan kognitif tinggi (41.79), dan kelompok kemampuan kognitif rendah (27.50).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, Anitanidn0021075903
Thesis advisorEviyanti, Evinidn0003016506
Call Number: 372.21 Rah p
Keywords: Make A Match Berbasis Kreativitas; Kemampuan Kognitif; dan Konsep Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41734

Actions (login required)

View Item View Item