Kontribusi Pengelolaan Dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri Se- Kabupaten Deli Serdang

Simatupang, Baharis Setia Adisahputra (2020) Kontribusi Pengelolaan Dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri Se- Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166174005 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166174005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166174005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166174005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166174005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166174005 TABELS.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166174005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166174005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166174005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166174005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166174005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kontribusi pengelolaan dan intensitas penggunaan laboratorium terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri se- Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru,pengelola dan siswa (63 sekolah) SMP Negeri se- Kabupaten Deli Serdang, sedangkan sampel penelitian yang berjumlah 32 sekolah terdiri dari 32 orang pengelola laboratorium, 32 orang guru IPA kelas VIII dan 32 orang siswa kelas VIII. Metode penelitian adalah deskriptif dan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yaitu analisis angket dan analisis regeresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis data persentase pengelolaan laboratorium IPA di SMP se-Kabupaten Deli Serdang rata-rata 83,03 % baik, (2) Hasil analisis data persentase intensitas penggunaan laboratorium IPA SMP se-Kabupaten Deli Serdang rata-rata 84,29 dalam kategori baik, (3) Hasil analisis data persentase keterampilan proses sains IPA SMP se-Kabupaten Deli Serdang rata-rata 85,42 % dalam kategori sangat baik. (4) kontribusi pengelolaan laboratorium laboratorium IPA dengan ketrampilan proses sains siswa SMP se Kab Deli serdang adalah sebesar sebesar 0,825 (r2=0,681) atau 68,10%, sehingga dapat disimpulkan pengelolaan laboratorium memiliki kontribusi yang kuat dengan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri se-Kabupaten Deli Serdang. (5) kontribusi intensitas penggunaan laboratorium laboratorium IPA dengan ketrampilan proses sains siswa SMP se Kab Deli serdang adalah sebesar 0,775 (r2=0,601) atau 60,10%. sehingga dapat disimpulkan bahwa intensitas penggunaan laboratorium memiliki kontribusi yang kuat terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri se-Kabupaten Deli Serdang. (6) kontribusi pengelolaan dan intensitas penggunaan laboratorium IPA dengan ketrampilan proses sains siswa SMP se Kab Deli serdang adalah 0,857(r2=0,716) atau 71,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Laboratorium dan Intensitas Penggunaan Laboratorium memberikan konribusi yang kuat terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri Se- Kabupaten Deliserdang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilitonga, Melvanidn0029036206
Thesis advisorSipahutar, Herbetnidn0026066111
Call Number: 570.72 Sim k
Keywords: pengelolaan laboratorium;intensitas penggunan laboratorium; keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41726

Actions (login required)

View Item View Item