Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah SD Negeri Kec. Buntu Pane Kab. Asahan

Aruan, Leni (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah SD Negeri Kec. Buntu Pane Kab. Asahan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1163311052_COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1163311052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1163311052_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1163311052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1163311052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1163311052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1163311052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1163311052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1163311052_BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1163311052_BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1163311052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter karena orang- orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat begitu urgentnya karakter, maka institut pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan pendidikan karakter (2) nilai- nilai pendidikan karakter (3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru, siswa serta orang tua. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesahan data diperoleh melalui proses mengecek kebenaran data atau informasi yang diperoleh peneliti dari sumber dan teknik. Hasil peneliti menunjukan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Negeri Kec. Buntu Pane Kab Asahan tercermin dalam lapisan budaya yaitu artifak. Nilai dan keyakinan, artifak yang terwujud dalam perwujudan fisik serta perilaku warga sekolah. (2) Nilai- nilai pendidikan karakter yang ditetapkan yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai semangat kebangsaan, serta nilai bersahabat, dan nilai perduli lingkunga (3) terdapat faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter. Faktor pendukungnya yaitu dukungan kerja sama yang baik antara lingkungan sekolah maupun warga sekolah , sarana dan prasarana yang memadai sehingga penanaman karakter yang telah diberikan akan maksimal.. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya pahamnya guru tentang program pendidikan karakter yang telah diterapkan serta kesadaran peserta didik yang masih kurang akan peraturan-peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanungkalit, Erlindanidn0018075909
Keywords: Pendidikan; Karakter; Budaya Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2021 08:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41614

Actions (login required)

View Item View Item