PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN DIRECT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Sutopo, Adi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DAN DIRECT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23 (2). pp. 100-106. ISSN 0852-0151

[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/penelit...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing-Prompting (PP) dan Direct Instruction (DI) dengan menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X semester Genap SMA Negeri 10 Medan, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran PP, dan kelas kedua sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran DI. Kedua kelas sama-sama menggunakan media peta konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini disusun dalam bentuk objective test yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat secara expert judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran PP-peta konsep sebesar 54,28%, sedangkan peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran DI-peta konsep sebesar 44,34%. Uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PP-peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran DI-peta konsep untuk materi Hidrokarbon.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerMuchtar, Zainuddinnidn0017036707
ReviewerDermana, Ayinidn0007086602
Keywords: Probing Prompting; Direct Instruction; Peta Konsep; hasil belajar; Hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41607

Actions (login required)

View Item View Item