ANALISIS KURIKULUM KKNI BERDASARKAN KEBUTUHAN STAKEHOLDER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Pramuniati, Isda (2019) ANALISIS KURIKULUM KKNI BERDASARKAN KEBUTUHAN STAKEHOLDER DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Research Report. Universitas Negeri Medan, Medan.

[img]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
report.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview

Abstract

Empat keterampilan yang harus dikuasai oleh lulusan pendidikan tinggi agar dapat berkompetisi pada abad 21 adalah (1) penguasaan core subject, (2) belajar dan berinovasi, (3) bekerjasama dan berkolaborasi, serta (4) penguasaan ICT. Keempat kompetensi ini melekat erat pada tuntutan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, kurikulum yang sedang digunakan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Kurikulum KKNI Unimed ditekankan pada keterlibatan mahasiswa secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan penguasaan konsep keilmuan mahasiswa lebih tuntas, dan keterampilan khusus atau skill akan lebih dikuasai. Salah satu strategi yang dilakukan dalam mengimplementasikan kurikulum KKNI di Unimed adalah dengan pemberian 6 jenis tugas kepada mahasiswa, yaitu Tugas rutin (TR), Critical Book Report (CBR), Critical Journal Review (CJR), mini research (MR), project (PR), dan Rekayasa Ide (RI). Pada saat ini pelaksanaan kurikulum KKNI di Fakultas Bahasa dan Seni sudah sangat bagus, hal ini ditandai dengan adanya dokumen lengkap KKNI di semua program studi yang terdiri dari Buku 1 tentang naskah akademik KKNI, Buku 2 membahas sebaran kompetensi pada rumusan matakuliah mulai dari semeseter 1 hingga semester 8, Buku 3 tentang pedoman magang, penulisan skripsi dan sebagainya, Buku 4 membahas menganai RPS, dan Buku 5 membahas monev akademik, namun masih perlu disesuaikan dengan kebutuhan Stakeholder di Era Revolusi 4.0, Oleh karena itu perlu dilakukan “Analisis Kurikulum KKNI Berdasarkan Kebutuhan Stakeholder di Era Revolusi Industri 4.0”. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mereview dokumen Buku 1 hingga buku 5 yang disusun oleh sepuluh program studi pada Fakultas Bahasa dan Seni. Guna mendapat hasil yang maksimal, dalam penelitian ini dikembangkan satu paket instrumen penelitian untuk mampu mereview dengan baik berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini melibatkan reviewer nasional yang merupakan dosen di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Berdasarkan hasil review dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tracer study, SWOT, FGD Asosiasi Prodi, dan kegiatan lain sudah dilaksanakan dengan baik pada sepuluh program studi, meskipun pada penjabaran hanya 70% yang berhasil memaparkan dengan baik. Pada akhirnya penelitian ini menghasilkan rekomendasi pelaksanaan kurikulum KKNI bedasarkan kebutuhan Stakeholder di Era Revolusi 4.0 untuk meningkatkan kemampuan akademik dan karakter mahasiswa dan dosen. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan publikasi ilmiah, baik dalam bentuk Prosiding Seminar maupun jurnal internasional tentang pelaksanaan kurikulum KKNI kebutuhan Stakeholder di Era Revolusi 4.0 di Fakultas Bahasa dan Seni Unimed.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: analisis; kurikulum; KKNI; kualitas lulusan; kompetensi; pendidikan tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41276

Actions (login required)

View Item View Item