Kemampuan Mengerjakan Soal Berbasis HOTS Siswa Kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan

Cahyo, Ahmad Nur and Daulay, Syahnan and Novita, Sindi and Simamora, Yosefa Dita (2021) Kemampuan Mengerjakan Soal Berbasis HOTS Siswa Kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 279-288. ISSN 978-623-6984-07-9

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview

Abstract

Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal berbasis HOTS Akibatnya akan berdampak nantinya terhadap hasil pembelajaran. Soal-soal yang dikembangkan untuk ujian maupun ulangn di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tersebut belum memiliki karakteristik HOTS. Menurut hasil pencermatan penulis masih banyak ditemukan soal-soal yang ada hanya mengukur kemampuan berfikir tingkat rendah. Higher Orde Thinking Skill (HOTS) sebagai kemampuan berfikir tingkat tinggi merupakan pendekatan dalam pembelajaran dimana siswa diajarkan untuk berfikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. Penelitian ini menitik pada kemampuan siswa mengerjakan soal berorientasi Hots guna untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kualitas dari soal yang dibuat oleh guru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa soal yang dibuat oleh guru serta hasil jawaban dari lembar wawancara dari responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan soal test ulangan yang ditulis oleh guru. Teknik analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif kuantitatif untuk menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian teori dan data yang didapat oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengerjakan soal berbasis Hots di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan masih dikategorikan kurang mampu.

Item Type: Article
Keywords: Soal; Kemampuan; Hots
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:59
Last Modified: 16 Feb 2021 04:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41252

Actions (login required)

View Item
View Item