PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA INOVATIF UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER II

Simatupang, Nova Irawati (2013) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA INOVATIF UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116142016 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116142016 Judul.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116142016 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116142016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116142016 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116142016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116142016 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116142016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116142016 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116142016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116142016 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116142016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116142016 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116142016 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116142016 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116142016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116142016 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116142016 Bab I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116142016 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116142016 Bab V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116142016 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116142016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku ajar kimia inovatif untuk SMA/ MA kelas X semester II yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa Populasi penelitian adalah (1)Semua dosen kimia yang dikategorikan dosen ahli.(2)Semua guru kimia di sekolah tempat penelitian. (3)Seluruh siswa Kelas X Tahun Ajaran 2012/2013 dari 3 SMA di Kota Padangsidimpuan. Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini adalah (1)Dosen kimia UNIMED yang dipilih dengan kriteria pendidikan minimal S2, memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun, aktif mengajar dan menguasai materi Kimia Dasar yang relevan dengan materi kimia SMA, (2)Guru kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal minimal S1 dan pengalaman mengajar minimal 3 tahun di 3 sekolah tempat penelitian, (3)Dua kelas X dari masing-masing sekolah tempat penelitian yang dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran menggunakan buku ajar kimia inovatif sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan buku ajar kimia inovatif. Seluruh sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis data untuk urutan materi kimia yang diusulkan penulis berada pada angka 3,81. (2) Analisis standar dari dosen dan guru kimia untuk analisis standar kelayakan isi 3,76, analisis standar kelayakan bahasa 3,84, analisis standar kelayakan penyajian 3,86, dan analisis standar kelayakan kegrafikaan 3,79. Ini menunjukkan bahwa hasil analisis untuk buku ajar kimia yang diajukan sudah valid dan tidak perlu dilakukan revisi kembali. (3) Hasil penelitian eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel untuk masing-masing sampel, yaitu: (1)SMA Negeri 1 Padangsidimpuan thitung (2,884) > ttabel (1,672). (2)SMA Negeri 4 Padangsidimpuan thitung (2,656) > ttabel (1,684). (3)SMA Negeri 6 Padangsidimpuan thitung (1,756) > ttabel (1,670). (4)Analisis pengukuran motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan buku ajar kimia pada pengajaran materi hidrokarbon tergolong tinggi dengan rata-rata 89,71, dan terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar kimia siswa (r2= 0,9501) pada pengajaran hidrokarbon. Dengan adanya peningkatan motivasi hasil belajar yang diketahui dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan buku ajar kimia inovatif lebih baik dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan tanpa menggunakan buku ajar kimia inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Sim p
Keywords: Buku ajar; Media pembelajaran; Pendidikan karakter; Buku pelajaran; Inovasi pembelajaran; Motivasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 22:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item
View Item