PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER KOMUNIKATIF SERTA PERCAYA DIRI PADA MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA

Nasution, Mutiara Agustina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER KOMUNIKATIF SERTA PERCAYA DIRI PADA MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116142014 Judul.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116142014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116142014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116142014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116142014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116142014 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116142014 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116142014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116142014 Bab I.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116142014 Bab V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116142014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia, karakter komunikatif, dan percaya diri siswa pada materi kimia larutan di SMA. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif, yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Medan masing-masing sebanyak 3 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran dengan model direct instruction, kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media dan kelas eksperimen 3 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet. Teknik analisis data menggunakan one way Anava dengan SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet pada materi Kimia Larutan, (2) Terdapat perbedaan karakter komunikatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (3) Terdapat perbedaan karakter percaya diri siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter percaya diri dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction, dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (6) Hasil belajar, karakter komunikatif, dan karakter percaya diri siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet paling baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: 540.071 Nas p
Keywords: Internet; Komunikatif; Percaya diri; Kimia larutan; Pendidikan karakter; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item