Implementasi Model Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum K.Analitik Kualitatif

Nainggolan, Bajoka (2017) Implementasi Model Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum K.Analitik Kualitatif. In: Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat, 28 September 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://semnaslit.unimed.ac.id/proceeding-semnaslit...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum Kimia Analitik Kualitatif. Metode penelitian eksperimen dengan desain “one group pretes-postes design”. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang melibatkan mahasiswa program studi Kimia, yang terdiri dari 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian, lembar kerja mahasiswa dan lembar observasi. Hasil penelitian dari uji rerata pada keterampilan proses sains mahasiswa menyatakan bahwa model inquiry terbimbing pada perkuliahan praktikum kimia analitik kualitatif dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains mahasiswa secara signifikan. Indikator tergolong kategori tinggi: merancang praktikum, menerapkan konsep, berhipotesis dan, mengkomunikasikan. Kategori sedang: keterampilan meramalkan, menafsirkan dan mengamati. Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model inkuiri terbimbing pada praktikum kimia analitik kualitatif meningkat dari pretes 81,88 menjadi postes 85,49. Persentase nilai lembar kerja mahasiswa yang paling tinggi adalah pada keterampilan berkomunikasi yaitu 90%

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerSitumorang, Maniharnidn0004086011
ReviewerHutabarat, Weslynidn9990000089
Keywords: inquiry terbimbing; keterampilan proses sains; praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Dec 2020 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41010

Actions (login required)

View Item View Item