LAPORAN TAHUN KE-1 : PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN

Sitanggang, Nathanael (2018) LAPORAN TAHUN KE-1 : PENELITIAN DASAR UNGGULAN PERGURUAN TINGGI : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Research Report. Universitas Negeri Medan, Medan.

[img]
Preview
Text
text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kualitas total pribadi mahasiswa, kualitas pelayanan dosen, dan kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi di Medan. Penelitian ini juga mempelajari pengaruh kualitas total pribadi, kualitas pelayanan dosen terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Metode penelitian adalah metode survey. Sampel berjumlah 380 orang ditentukan berdasarkan teknik purposive random sampling dari Universitas Negeri Medan, Universitas Muhammadyah Sumatera Utara, Universitas HKBP Nommensen, dan Universitas Islam Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Koefisien reliabilitas instrumen kualitas total pribadi mahasiswa sebesar 0,82, instrument kualitas pelayanan dosen sebesar 0,84, dan instrument kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan sebesar 0,86. Hipotesis penelitian yang diuji adalah: 1) Kualitas total pribadi berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan; 2) Kualitas total pribadi berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan dosen; dan 3) Kualitas pelayanan dosen berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan. Teknik analisis yang digunakan menguji hipotesis adalah teknik analisis jalur. Temuan penelitian adalah: 1) kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan berada pada kategori cukup puas, 2) kualitas total pribadi mahasiswa berada pada kategori sedang, 3) kualitas pelayanan dosen berada pada kategori tinggi, 4) kualitas total pribadi mahasiswa berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 4,49%, 5) kualitas pelayanan dosen berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 23,14%, dan 6) kualitas total pribadi mahasiswa berpengaruh langsung terhadap kualitas pelayanan dosen sebesar 12,81%. Temuan ini sangat bermanfaat bagi para pihak perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan kepuasan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: kepuasan; kualitas total pribadi; kualitas pelayanan; mahasiswa; dosen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Dec 2020 12:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40981

Actions (login required)

View Item View Item