PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP KELAS VII LANGSA

Husna, Raudatul (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP KELAS VII LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116171017 Judul.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116171017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116171017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116171017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116171017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116171017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116171017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116171017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116171017 Bab I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116171017 Bab V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116171017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (3) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, (5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa pada Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Langsa sebanyak 40 siswa dan SMPN 9 Langsa sebanyak 40 siswa yang keseluruhan sebanyak 80 siswa SMP. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan tes kemampuan komunikasi matematik. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistic lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konversional, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah, (3) peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konversional, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan komunikasi matematik, (5) Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PMR) lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 510.071 Hus p
Keywords: Matematika realistik; Komunikasi matematik; Bangun datar; Segi empat; Pembelajaran konvensional
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item View Item