PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CTL MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DISMA NEGERI 8TAKENGON

RAHMADAINI, AMELIA (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CTL MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI DISMA NEGERI 8TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166122003 Cover.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166122003 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 8166122003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166122003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166122003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166122003 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166122003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166122003 Bab I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166122003 Bab V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166122003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis CTL pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 8 Takengon (2) Untuk mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 8 Takengon. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model Borg and Gall yang dipadu dengan model desain instruksional Dick and Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahap yaitu tahap I mengembangkan media pembelajaran dan melakukan uji coba dan tahap II melakukan uji efektifitas produk. Pada tahap pengembangan dan uji coba produk harus melalui serangkaian proses validasi dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji ahli materi georafi berada di kualifikasi sangat baik (90,33%), (2) Uji ahli media pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (91,56%), (3) Uji ahli desain pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (94,44%), (4) Uji coba perorangan berada pada kualifikasi kurang baik (74,64%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi baik (79,33%), (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97,83%). Pada penelitian sampel sebanyak 64 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Takengon, 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan multimedia pembelajaran berbasis CTL dan 32 orang siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan media power point. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikat antara hasil belajar siswa yang menggunakan media power point dengan yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis CTL. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 1,97 , pada taraf signifikansi α = 0.05 ttabel = 1,69. Disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis CTL yang dikembangkan layak dan efekti untuk meningkatkan hasil belajar Geografi di SMA Negeri 8 Takengon.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMursid, R.nidn0011076605
Thesis advisor, Sriadhinidn0022046310
Call Number: 370.2 Rah p
Keywords: HASIL BELAJAR,GEOGRAFI,MULTIMEDIA,INTERAKTIF,BERBASIS CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 09:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40698

Actions (login required)

View Item View Item