PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMK NAMIRA TECH NUSANTARA-MEDAN

Abrianto, Danny (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMK NAMIRA TECH NUSANTARA-MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106122004 Judul.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106122004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106122004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106122004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106122004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106122004 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106122004 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106122004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106122004 Bab I.pdf - Published Version

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106122004 Bab V.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8106122004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keunggulan penggunaan media pembelajaran berbasis radio streaming dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Penelitian ini juga ingin mengetahui hasil dari keunggulan TIK siswa yang memiliki sikap inovatif positif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap inovatif negatif dan untuk mengetahui interaksi antara media pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis radio streaming dan media pembelajaran berbasis komputer dengan sikap inovatif siswa dalam hasil belajar TIK di kelas X semester II. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Namira Tech Nusantara T.P. 2011/2012 menggunakan ANAVA dua jalur dengan metode quasi eksperimen dan desain faktorial 2x2 pada taraf signifikansi α = 5%. Sebelum uji lanjut dengan uji Scheffe dilakukan uji normalitas Lilifors serta uji homogenitas menggunakan uji F dan uji Barlett. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana penelitian ini dilakukan pada seluruh populasi yang ada, yang langsung terfokus pada target sebanyak 30 orang siswa. Sebelum perlakuan terlebih dahulu diberi angket untuk membedakan sikap inovatif dan setelah perlakuan, diberikan tes hasil belajar yang lebih dahulu diujicobakan pada kelas yang bukan kelas perlakuan. Uji coba dimaksudkan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes hasil belajar. Temuan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh terhadap siswa yang menggunakan media pembelajaran komputer berbasis radio streaming terhadap hasil belajar TIK dengan Fh > Ft (4,56 > 4,02) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=53. Hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran komputer berbasis radio streaming lebih tinggi (X= 46,23) dari pada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer (X= 14,30). Ada pengaruh sikap inovatif terhadap hasil belajar TIK dengan Fh > Ft (198,30 > 4,02) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=53. Siswa yang memiliki sikap inovatif positif memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi (X= 11,92) dibandingkan hasil belajar TIK siswa yang memiliki sikap inovatif negatif (X= 7,70). Serta terdapat interaksi antara media pembelajaran komputer dan sikap inovatif terhadap hasil belajar TIK siswa, dinyatakan dengan Fh > Ft (238,64 > 4,03) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=54. Dari hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe diketahui bahwa kelompok siswa yang memiliki sikap inovatif positif memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran komputer berbasis radio streaming. Sedangkan bagi kelompok siswa yang memiliki sikap inovatif negatif akan memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran komputer. Rata-rata skor hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis radio streaming lebih tinggi daripada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis komputer yang sama-sama memiliki sikap inovatif positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 373.246 Abr p
Keywords: Sikap inovatif; Radio streaming; Pembelajaran berbasis komputer; Teknologi informasi komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3993

Actions (login required)

View Item View Item