PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA SMK GKPI PEMATANG SIANTAR

Purba, Timbul (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA SMK GKPI PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809215022 Judul.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809215022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809215022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809215022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809215022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809215022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809215022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809215022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809215022 Bab V.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809215022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809215022 Bab I.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar Menggambar Teknik siswa.Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMK GKPI Pematangsiantar. Populasi penelitian adalah (120 orang). Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut menggunakan uji Tukey.Temuan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada taraf signifikan α = 0,05. Fh sebesar 11.15 dan Ft untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan dk (1: 76) sebesar 1.99. Selanjutnya dengan menggunakan Uji Tukey diperoleh Qt untuk taraf signifikansi α = 0.05 sebesar 2.86, sedangkan Qh = 4.70, (2) hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki motif berprestasi rendah pada taraf signifikan α = 0,05. Fh sebesar 2.44 dan Ft untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan dk( 1: 76) sebesar 1.99. Selanjutnya dengan menggunakan Uji Tukey diperoleh Qt untuk taraf signifikansi α = 0.05 sebesar 2.86, sedangkan Qh = 2.20 dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar Menggambar Teknik siswa pada taraf signifikansi α = 0,05. Fh sebesar 51.47 dan harga Ft untuk taraf signifikansi α = 0.05 dengan derajat kebebasan dk (1: 76) sebesar 1.99. Berdasarkan hasil perhitungan didapat Fh (51.47) > Ft (1.99). Implikasinya adalah strategi pembelajaran elaborasi dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik siswa. Oleh karena itu guru Menggambar Teknik disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran elaborasi supaya memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun195708011980031001
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 373.246 Pur p
Keywords: Pembelajaran elaborasi; Pembelajaran ekspositori; Motif berprestasi; Menggambar teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item