PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KARYA INOVATIF MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME

Lubis, Desy Afyanty (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KARYA INOVATIF MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME. Masters thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) hasil belajar Karya Inovatif mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konstruktivisme; 2) peningkatan hasil belajar karya inovatif ; dan 3) aktivitas dosen dalam penerapan strategi pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini dilaksanakan di FT Unimed program studi Tata Rias pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Rias FT Unimed yang terdiri dari 23 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui: (1) lembar pengamatan; (2) angket; (3) observasi; dan (4) catatan harian lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research classroom) dengan 2 siklus yang masing – masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar karya inovatif mahasiswa pada siklus 1 rata-rata = 65,00, 2) hasil belajar mahasiswa pada siklus 2 rata-rata= 80,87, 3) terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dan aktivitas dosen melalui penerapan strategi pembelajaran konstruktivisme, 4) Peningkatan minat belajar mahasiswa dari 15 orang (65,22%) berada pada kategori cukup pada siklus I meningkat hingga 21 orang (95,65%) berada pada kategori tinggi sebanyak 13 orang (56,52%) serta 9 orang (39,13%) pada kategori cukup. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Strategi Pembelajaran Konstruktivisme dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar Karya Inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.17 Lub p
Keywords: Minat belajar; Karya inovatif; Pembelajaran konstruktivisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 May 2016 17:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item
View Item