Integrasi Kurikulum Kebencanaan dan Perangkat Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Kesiapsiagaan

Sari, Sri Adelila (2019) Integrasi Kurikulum Kebencanaan dan Perangkat Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Kesiapsiagaan. TALENTA Conference Series, 2 (2). pp. 361-369. ISSN 2654-7066

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Similaritas.pdf]
Preview
Text
Similaritas.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Reviewers.pdf]
Preview
Text
Reviewers.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara mengantisipasi agar masyarakat selalu berada dalam kesiapsiagaan adalah melalui pendidikan dan pelatihan yang sifatnya komprehensif dengan melibatkan masyarakat, keluarga, dan sekolah. Tujuan khususnya adalah untuk mengintegrasikan kurikulum kebencanaan dan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi kesiapsiagaan. Penelitian telah dilakukan selama 4 (empat) tahun sejak 2013 hingga 2016 di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Pendidikan Tinggi di Aceh. Metode
yang digunakan adalah Research & Development, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta pelatihan dan simulasi. Hasil
penelitian ini menemukan bahwa pendekatan konsep pengembangan model pembelajaran kebencanaan yang inovatif sangat membantu dalam membentuk, menumbuhkan, dan meningkatkan kesiapsiagaan peserta didik secara holistik. Penerapan integrasi kurikulum kebencanaan, bahan ajar, media belajar dua dan tiga dimensi, serta yang berbasis e-learning menunjukkan dampak yang signifikan terhadap kompetensi kesiapsiagaan peserta didik. Selain itu, kegiatan pelatihan dan simulasi berbasis kompetensi
juga efektif terhadap peningkatan pengetahuan kebencanaan, sikap, dan kesiapsiagaan komunitas di lembaga pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kurikulum pendidikan kebencanaan & perangkat pembelajaran kebencanaan, dapat meningkatkan kompetensi kesiapsiagaan. Kegiatan perencanaan dan perancangan kurikulum pendidikan kebencanaan, serta penerapannya dalam peningkatan kompetensi kesiapsiagaan melalui pendidikan dan pelatihan/simulasi dapat dilakukan secara
komperehensif.

Item Type: Article
Keywords: Integrasi kurikulum kebencanaan; perangkat pembelajaran; dan kompetensi kesiapsiagaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB5000 Natural disasters
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:10
Last Modified: 30 Jun 2020 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39698

Actions (login required)

View Item
View Item