PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI SMP NEGERI KOTA PEMATANG SIANTAR

Sitio, Ira Wati (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI SMP NEGERI KOTA PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 0809715010 Judul.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 0809715010 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 0809715010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 0809715010 Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 0809715010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 0809715010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 0809715010 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 0809715010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 0809715010 Bab I.pdf - Published Version

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 0809715010 Bab V.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 0809715010 Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa SMP antara pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran biasa, (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP antara pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran biasa, (3) Untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran siswa, (4) Untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (5) Mendeskripsikan proses menjawab soal penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa di dalam kelas kontekstual.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 7 Pematang Siantar. Sampel yang dipilih adalah kelas IX-2 (kelas eksperimen), kelas yang diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dan siswa kelas IX-3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa pada SMP Negeri 5 sedangkan pada SMP Negeri 7 sampel yang dipilih adalah kelas IX-2 (kelas eksperimen), kelas yang diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dan siswa kelas IX-1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran dan tes pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan ANAKOVA dan ANAVA. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 7 Pematang Siantar yang diberi pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran biasa, (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa SMP Negeri 5 dan SMP Negeri 7 Pematang Siantar yang diberi pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal (tinggi dan rendah) terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal (tinggi dan rendah) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (5) Proses jawaban tes penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa di dalam kelas yang diberi pembelajaran kontekstual lebih bervariasi dibanding kelas yang diberi pembelajaran biasa. Peneliti menyarankan : 1) Pendekatan kontekstual menjadi alternatif di kelas yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa; 2) Perangkat pembelajaran instrumen penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru; 3) Peneliti selanjutnya dapat mengadaptasi langkah-langkah dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 510.071 Sit p
Keywords: Penalaran; Interaksi; Pembelajaran kontekstual; Pemecahan masalah; Bangun ruang sisi lengkung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item