Peran Pemerintah Daerah Dalam Rekrutmen Dan Penempatan Guru Di Indonesia : Suatu Tinjauan Dari Beberapa Dimensi

Gultom, Ibrahim (2016) Peran Pemerintah Daerah Dalam Rekrutmen Dan Penempatan Guru Di Indonesia : Suatu Tinjauan Dari Beberapa Dimensi. In: Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 12-15 Oktober 2016, Jakarta.

[thumbnail of PEER REVIEW.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen sistem pendidikan adalah guru, sekaligus sebagai salah satu komponen yang sangat
menentukan tinggi-rendahnya mutu lulusan di semua tingkat satuan pendidikan. Komponen guru ini menjadi
perhatian yang serius dari stakeholder pendidikan terutama pemerintah sebagai pengambil kebijakan jika
kita ingin melahirkan guru yang profesional. Dalam tulisan ini, penulis akan mencoba mengulas sistem
rekrutmen calon mahasiswa dan penempatan guru sekaligus mengaitkannya dengan dimensi demografis,
geografis dan sosiokultural masing-masing daerah dalam. Dari dimensi demografis berkaitan dengan
lukisan karakteristik sebuah daerah, sedang dari segi geografis-ekologis berarti behubungan dengan
karakteristik kondisi alam masing-masing daerah. Sementara dari dimensi sosiokultural erat kaitannya
dengan bahasa, kultur dan sistem sosial masyarakat daerah tertentu. Dengan kata lain sistem ini
menawarkan, baik rekrutmen maupun penempatan guru sudah harus dirancang sejak dari awal yang
bersumber dari putra-putri asli daerah masing-masing dengan mempertimbangankan ketiga dimensi
tersebut. Sistem ini bertujuan agar dapat melahirkan guru yang lebih familiar dengan lingkungan alam dan
masyarakatnya. Selain itu, dengan sistem ini diharapkan dapat menghindari banyaknya masalah yang
muncul pada guru di tengah-tengah masyarakat dan menghindari banyaknya guru yang berpindah tugas
karena alasan perbedaan agama, budaya serta kurang serasi dengan lingkungan lainnya. Manajemen
rekrutmen dan penempatan ini tentu dilakukan secara terncana dan terpadu oleh pemerintah daerah
kabupaten dan kota, karena merekalah yang memiliki data statistik penduduk, jumlah sekolah dan jumlah
kebutuhan guru daerahnya dalam jangka pendek maupun jangka panjang

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; guru; sekolah; rekrutmen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jun 2020 05:32
Last Modified: 17 Jun 2020 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39493

Actions (login required)

View Item
View Item