PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SD SWASTA ST. ANTONIUS V MEDAN

Anzelina, Dewi and Purba, Stevanus Vebri Halomoan (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SD SWASTA ST. ANTONIUS V MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2019, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
18.-Dewi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Penelitian dilakukan di SD Swasta St Antonius V Medan. Populasi penelitian ini berjumlah 129 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah tes pilihan berganda dengan menggunakan pretest dan posttest pada tema Kayanya Negeriku dengan subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Untuk menguji hipotesis digunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dengan subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia tanpa menggunakan media video (kelas kontrol) termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 66,92, standard deviasi 13,95868, sedangkan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dengan subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia setelah menggunakan media video (kelas eksperimen) termasuk dalam katergori baik yaitu dengan nilai rata-rata 73,00, standard deviasi 11,768. Dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung (2,161) > ttabel (1,663) pada taraf signifikan 5% dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dengan subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Artinya ada perbedaan yang signifikan hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video dengan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku dengan subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia di kelas IV SD Swasta St. Antonius V Medan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran video, Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jun 2020 12:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item