PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI 6 TUGAS MATA KULIAH DALAM KKNI

Nasution, Nani Barohah (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI 6 TUGAS MATA KULIAH DALAM KKNI. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 9 (4). pp. 282-289. ISSN 2355- 1720

[img]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan instrumen penilaian 6 tugas mata kuliah dalam KKNI di FIP Unimed. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengembangan instrumen penilaian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa. Kemudian melakukan studi pustaka untuk mengumpulkan materi-materi yang berkaitan dengan 6 tugas mata kuliah tersebut. Setelah itu tahap pembuatan instrumen penilaian 6 tugas mata kuliah. Dalam pembuatan instrumen penilaian ini terlebih dahulu dilakukan pemilihan format pengembangan instrumen penilaian yang nantinya memuat petunjuk umum, sistematika laporan dan proporsi bobot penilaian dari 6 tugas mata kuliah. Selanjutnya adalah menyusun petunjuk umum, aspek-aspek pembuatan sistematika laporan yang nantinya akan menjadi aspek-aspek penilaian dan merancang proporsi bobot penilaian dari 6 tugas mata kuliah tersebut. Instrumen penilaian ini diuji oleh 1 orang ahli materi sekaligus ahli evaluasi yang menilai kelayakan isi dan penyajian serta mendapat informasi mutu instrumen penilaian yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FIP Unimed. Ahli materi sekaligus ahli evaluasi memberikan nilai sebesar 41 dengan rata-rata 3,72 yang dikategorikan sangat layak. Instrumen penilaian ini juga diujikan kepada semua dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed untuk memberikan nilai terhadap instrumen penilaian ini sebesar 72,85 dengan rata-rata 3,60 yaitu pada kategori layak

Item Type: Article
Keywords: instrumen penilaian 6 Tugas Mata Kuliah; Analysis; Design; Development; Implementation, Evaluation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Jun 2020 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39371

Actions (login required)

View Item View Item