PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MEDAN T.A. 2018/2019

Simangunsong, Ita Pratiwi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4153111032 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text
2. NIM 4153111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text
3. NIM 4153111032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text
4. NIM 4153111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text
5. NIM 4153111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
6. NIM 415311103 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
7. NIM 4153111 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
8. NIM 4153111032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
9. NIM 4153111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text
13. NIM 4153111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text
14. NIM 4153111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan materi kubus dan balok. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII-1 adalah 48,33. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 76 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 21 orang (70%). Setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 81,33 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 26 orang (86,67%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah siklus II dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBanjarnahor, Humuntal0013055803
Call Number: SK-2019 MAT 108
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Kubus; Balok; Model pembelajaran; Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2020 15:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39316

Actions (login required)

View Item View Item