Simangunsong, Ita Pratiwi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 30 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153111032 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 4153111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM 4153111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM 4153111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 4153111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 415311103 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4153111 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 4153111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 4153111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM 4153111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM 4153111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan materi kubus dan balok. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII-1 adalah 48,33. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 76 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 21 orang (70%). Setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 81,33 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 26 orang (86,67%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah siklus II dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 108 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Kubus; Balok; Model pembelajaran; Mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2020 15:56 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39316 |