PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIRSHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA AMANAH BINJAI T.A. 2018/2019

Oktaya, Iswa (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIRSHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA AMANAH BINJAI T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4121111015 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
2. NIM 4121111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
3. NIM. 4121111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
4. NIM. 4121111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
5. NIM 4121111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text
6. NIM 4121111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text
7. NIM 4121111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
8. NIM 4121111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text
9. NIM 4121111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text
13. NIM 4121111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text
14. NIM 4121111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Amanah Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Swasta Amanah Binjai T.A 2018/2019 yang berjumlah 45 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi bilangan bulat. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 27 siswa (60%) dari 45 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 39 siswa (86,67%) dari 45 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,67%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 69,17 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 11,8 dengan Gain Skor sebesar 0,38 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Amanah Binjai T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy0019106708
Call Number: SK-2019 MAT 123
Keywords: Komunikasi matematika; Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Bilangan bulat; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2020 15:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39315

Actions (login required)

View Item View Item