PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS POLYA'S FOUR-STEP PROBLEM SOLVING

Siregar, Budi Halomoan and Manurung, Nurliani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN PERANGKAT LUNAK AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS POLYA'S FOUR-STEP PROBLEM SOLVING. Jurnal School Education, 07 (03). pp. 296-304. ISSN 2355-1720

[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (242kB)
Official URL: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i3.9252

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan memanfaat perangkat lunak autograph dalam proses belajar pemrograman linier. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar dikelas sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan pemecahan mahasiswa. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap 37 mahasiswa pendidikan matematika A 2015 pada tahun akademik 2016/2017. Data pada penelitian ini diperoleh melalui proses observasi dan pemberian tes pemecahan masalah. Selanjutnya, data tersebut dianalisis melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya, hasil penelitian ini memperlihatkan terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa baik pada indikator pemahaman masalah, perencanaan masalah, melaksanakan rencana, dan menyimpulkan.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Autograph; Perangkat lunak; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39218

Actions (login required)

View Item View Item