Analisis Kemampuan Mengidentifikasi Suasana, Tema dan Makna Puisi oleh Siswa Kelas X SMK Budisatrya Medan

Nurhasanah, (2019) Analisis Kemampuan Mengidentifikasi Suasana, Tema dan Makna Puisi oleh Siswa Kelas X SMK Budisatrya Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 2143111043 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
2. NIM 2143111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (671kB)
[img] Text
3. NIM 2143111043 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
4. NIM 2143111043 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
5. NIM 2143111043 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
6. NIM 2143111043 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text
7. NIM 2143111043 APPENDICE_docx.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
8. NIM 2143111043 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text
12. NIM 2143111043 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text
13. NIM 2143111043 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMK Budisatrya Medan dalam mengidentifikasi suasana, tema dan makna puisi. Puisi yang digunakan dalam mengukur kemampuan mengidentifikasi suasana, tema dan makna puisi oleh siswa adalah beberapa potongan puisi yang telah disediakan oleh penulis sebelumnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah tes pilihan ganda yaitu menjawab objektif tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal, dimana siswa yang berhasil menjawab soal dengan benar akan mendapat skor 1, sedangkan siswa yang menjawab soal dengan salah mendapat skor 0. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Budisatrya Medan yang berjumlah 84 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh data bahwa dalam hal mengidentifikasi suasana puisi skor tertinggi 90 dan skor terendah 60. Dengan perolehan nilai ratarata 78,18 berada pada rentang nilai baik yaitu antara 70-84. Untuk mengidentifikasi tema puisi skor tertinggi 100 dan skor terendah 70, dengan perolehan nilai rata-rata 84,54 berada pada rentang nilai baik yaitu antara 70-84. Sedangkan untuk kegiatan mengidentifikasi makna puisi skor tertinggi 100 dan skor terendah 60 dengan perolehan nilai rata-rata 73,18 berada pada rentang nilai baik yaitu antara 70-84. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan kemampuan siswa mengidentifikasi suasana, tema dan makna puisi adalah 78,635 berada dalam rentang nilai baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnannidn0031085807
Keywords: mengidentifikasi; suasana; tema; makna
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39142

Actions (login required)

View Item View Item