Pengaruh Model Pembelajaran Trefingger Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri 1 Medang Deras Tahun Pembelajaran 2018/2019

Putri, Nadila (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Trefingger Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa SMA Negeri 1 Medang Deras Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 2151111039 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text
2. NIM 2151111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM 2151111039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
4. NIM 2151111039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
5. NIM 2151111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
6. NIM 2151111039 TABLES.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
7. NIM 2151111039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text
8. NIM 2151111039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text
12. NIM 2151111039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
13. NIM 2151111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran treffinger. Tujuan yang kedua yaitu Untuk mengetahui kemampuan menulis puisi sesudah menggunakan model pembelajaran treffinger. Dan tujuan yang ketiga pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Medang Deras berjumlah 214 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design yaitu ekperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis Puisi dalam bentuk essay tes Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu (1) sebelum menggunakan model pembelajaran treffinger keterampilan menulis puisi cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai (pre-test) dengan nilai rata-rata = 61,69 Standar Deviasi = 9,96 dan Standar Error = 1,68. (2) sesudah menggunakan model pembelajaran treffinger keterampilan menulis puisi baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai (post-test) dengan nilai rata-rata 77,55 Standar Deviasi = 10,56 dan Standar Eror = 1,78. (3) model pembelajaran trefingger berpengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Hal ini dibukikan dengan pengujian hipotesis, dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 6,5, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = (n-1) = (36-1) = 35. Pada tabel t dengan df 35 pada taraf 5% = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,5 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Trefingger memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis Puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutagalung, Trisnawatinidn0027028702
Keywords: model Trefingger; puisi; kemampuan; menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39140

Actions (login required)

View Item View Item