PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD BHARLIND SCHOOL

Pasaribu, Mika Romauli (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD BHARLIND SCHOOL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 071188810012 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 071188810012 Judul.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. 071188810012 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 071188810012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 3. 071188810012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 071188810012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. 071188810012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 071188810012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. 071188810012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 071188810012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. 071188810012 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 071188810012 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 7. 071188810012 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 071188810012 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8. 071188810012 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 071188810012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9. 071188810012 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 071188810012 Bab I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[thumbnail of 10. 071188810012 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 071188810012 Bab V.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 11. 071188810012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 071188810012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik kelompok dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik individu, (2) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kemampuan berfikir logis tinggi dan memiliki kemampuan berfikir logis rendah, (3) Interaksi antara pembelajaran matematika realistik dan kemampuan berfikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa SD Bharlind School Medan.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Bharlind school Medan, berjumlah 74 orang yang berasal dari 2 kelas. Jumlah sampel penelitian untuk pembelajaran matematika realistik kelompok terdiri 38 siswa dan 36 siswa untuk pembelajaran matematika realistik individu. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk essay tes yang terdiri dari 8 soal yang meiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,75. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik kelompok ( = 23,97) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik individu ( = 22,88) dengan Fhitung = 4,50 > Ftabel = 3,97 , (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berfikir logis tinggi ( = 24,41) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berfikir logis rendah ( = 22,00), dengan Fhitung=15,22 > Ftabel = 3,97, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran matematika realistik dan kemampuan berfikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan Fhitung = 28,50 > Ftabel = 3,97. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara pembelajaran matematika realistik kelompok dan pembelajaran matematika realistik individu, begitu pula antara kemampuan berfikir logis tinggi dan kemampuan berfikir logis rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Pas p
Uncontrolled Keywords: Berpikir logis; Matematika realistik; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 07 May 2016 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item
View Item