Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas X MIPA-7 SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

Silaban, Intan and Arif, Syamsul (2018) Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas X MIPA-7 SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 254-260. ISSN 978-602-53253-9-7

[img]
Preview
Text
39. Fulltext.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview

Abstract

Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model Discovery Learning Siswa kelas X MIPA-7 SMA Negeri 14 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi melalui model discovery learning pada materi menyusun teks laporan hasil observasi di kelas X MIPA-7 SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 33 orang siswa. Instrument penelitian dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes uraian yang sama untuk pretes dan postes, sebanyak satu soal. Dalam menguji hipotesis digunakan ketuntasann klasikal yaitu jumlah siswa yang memenuhi atau lebih dari kentuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian pada siklus I, nilai posttes adalah 22 siswa (66,66%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata rata 72,60. Setelah dilakukan refleksi dari siklus I dan beberapa perbaikan, maka pada siklus II nilai postes yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu 30 siswa (90,90%) yang mencapai ketuntasan belajar (KKM) dengan nilai rata – rata 82,87. Hasil perhitungan diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus kedua lebih besar dari ketuntasan klasikal minimal 90,90% > 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapam Model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan menyusun teks laporan hasil observasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38851

Actions (login required)

View Item View Item