E-LEARNIG: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ESP SPEAKING

Lapele, Fitria (2019) E-LEARNIG: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ESP SPEAKING. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 50.pdf]
Preview
Text
ATP 50.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Peran penting dari pembelajaran English for Specific Purpose (ESP) Speaking yaitu mahasiswa dapat mempersiapkan diri mereka untuk memasuki dunia kerja berskala internasional. Speaking harus mampu menciptakan pembelajaran ESP Speaking yang menyenangkan, sehingga mahasiswa dapat termotivasi untuk belajar ESP Speaking dan mampu menguasai materi dengan mudah, salah satunya melalui pemanfaatan media social. Maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media social untuk melihat pemanfaatannya terhadap pembelajaran ESP Speaking di Institut Agama Islam (IAIN) Ambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Metode dalam penelitian ini dipilih sesuai perumusan masalah yang tujuanya pada fokus penelitian yaitu pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran ESP Speaking. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa jurusan Pemrbandingan Mazhab IAIN Ambon Jl. Dr. Tarmizi Taher Kebun Cengkeh Batu Merah Atas Ambon dilaksanakan
selama satu bulan, yaitu juni 2019. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observvasi, interview, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sebagai teknik keabsahan data dilakukan dengan jalan membandingkan data hasil wawancara dengan data
yang diperoleh dari hasil pengamatan (observasi) serta data dari dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa penggunaan media social sebagai media
pembelajaran ESP Speaking memberikan pengaruh positif yaitu, sebagai sarana komunikasi yang sangat diminati, sebagai alat pemicu interakti dan Motivasi Mahasiswa,
dan sebagai sarana kolaboratif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Sosial; Media Pembelajaran; ESP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:14
Last Modified: 09 Mar 2020 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38823

Actions (login required)

View Item
View Item