Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Media Photostory bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Sihombing, Tiur Mayasari and Lubis, Fitriani (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Media Photostory bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 183-188. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 28. Fulltext.pdf]
Preview
Text
28. Fulltext.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan media photostory terhadap peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes uraian yang sama untuk pretes dan postes sebanyak satu soal. Dalam menguji hipotesis digunakan ketuntasan klasikal yaitu jumlah siswa yang memenuhi atau lebih dari KKM minimal 85%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Hasil ketuntasan tes pada siklus I sebesar 36,84% dengan nilai rata-rata sebesar 70,24 dalam kategori baik. Setelah dilakukan refleksi dari siklus I dan beberapa perbaikan, akhirnya pada siklus II nilai postes mengalami peningkatan ketuntasan siswa mencapai 97,36% dengan nilai rata-rata yang dicapai sebesar 84,81 dan termasuk dalam kategori baik. Terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 60,52%. Pembelajaran menulis teks berita menggunakan media photostory, jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran photo story (foto bercerita) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya berperan aktif sebagai inovator dan fasilitator dalam memilih media dan teknik pembelajaran. Bagi para peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan kajian yang berbeda.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:42
Last Modified: 09 Mar 2020 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38816

Actions (login required)

View Item
View Item