Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Metode Pembelajaran Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan (APIK) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Gultom, Berliana Fenny and Lubis, Fitriani (2018) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Metode Pembelajaran Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan (APIK) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 174-182. ISSN 978-602-53253-9-7

[img] Text
27. Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan melalui penerapan metode APIK (Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan berjumlah 35 siswa. Proses dan hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan tiap tahap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melakukan siklus I, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian, pada tes awal diperoleh skor rata-rata 46,14. Pada siklus I menghasilkan peningkatan dengan nilai rata-rata 65,7 dan jumlah ketuntasan klasikal sebesar 57,2 %. Untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik, dilakukan refleksi untuk tindakan selanjutnya, yaitu siklus II dengan perolehan skor rata-ratA 80,3 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,4 %. Hal ini membuktikan bahwa metode APIK (Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan) berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Untuk itu, perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia meningkatkan keterampilan menulis dengan menerapkan metode APIK (Amati, Petakan, Informasikan, dan Kembangkan) karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Article
Keywords: APIK; keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38815

Actions (login required)

View Item View Item