Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Menggunakan Media Komik

Hutagaol, Porman and Lubis, Fitriani (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Menggunakan Media Komik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 160-166. ISSN 978-602-53253-9-7

[img] Text
25. Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks narasi (cerita imajinasi) dengan menggunakan media komik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan masih rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks narasi (cerita imajinasi). Untuk itu media komik dipilih karena didalamnya terdapat gambar yang dapat merangsang siswa mengembangkan daya imajinasi serta ide/gagasannya menjadi tulisan narasi. Ketertarikan membaca sebuah komik daripada membaca sebuah prosa terdapat pada gambar. Kenyataannya pembaca lebih berminat membaca sebuah bacaan yang terdapat gambar didalamnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketuntasan kemampuan menulis teks narasi (cerita imajinasi) mengalami peningkatan pada setiap siklusnnya. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis teks narasi (cerita imajinasi) sebelum adanya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis teks narasi (cerita imajinasi) mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I presentase ketuntasan siswa ialah 58,06 % dengan nilai rata-rata 69,32 dan pada siklus II ialah 87,10% dengan nilai rata-rata 80,61. Berdasarkan peningkatan presentase nilai ketuntasan siswa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media komik dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi (cerita imajinasi/fantasi). Untuk itu para guru disarankan menggunakan media komik untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narasi (cerita imajinasi).

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38813

Actions (login required)

View Item View Item