Penilaian Pembelajaran Sastra Indonesia Berketerampilan Pikir Taraf Tinggi (HOTS)

Ansari, Khairil (2018) Penilaian Pembelajaran Sastra Indonesia Berketerampilan Pikir Taraf Tinggi (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 21-34. ISSN 978-602-53253-9-7

[img]
Preview
Text
3. Fulltext.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview

Abstract

Komponen akhir dalam pembelajaran adalah evaluasi yang selalu dipersamakan pengertiannya dengan pengukuran, dan penilaian. Padahal ketiga istilah itu masing-masing memiliki makna khas.Kehadiran Kurikulum 2013 membawa implikasi terhadap unsur penilaian sebab filosofi yang melatarbelakangi kelahiran Kurikulum ini adalah menguatkan aliran konstruktisvistik dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia. Konsekuensinya tekanan penilaian harus lebih nyata (autentik) dan lebih diarahkan pada proses penciptaan dan pengapresiasian karya sastra yang dihasilkan para peserta didik yang dikategorikan dalam taksonomi Bloom yang sudah direvisi pada taraf evaluasi dan kreasi. Memperhatikan persoalan itulah, topik ini akan melahirkan berbagai pertanyaan pada pandangan penilaian khususnya bidang sastra, bagaimana menilai karya sastra? Mengapa perlu menilai sastra? Apa dan bagaimana bentuk dan jenis tes yang sesuai untuk menilai pembelajaran sastra? Bagaimana menyusun penilaian autentik dan berpikir taraf tinggi? Apa kendala yang dihadapi pendidik untuk memenuhi hal itu?

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore > GR72 Folk literature (General) including folktales, legends
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38752

Actions (login required)

View Item View Item